Menikmati Jalan Publik

by Fadhli

Hari Ahad (19/12/10) saya merasakan car free day di Dago, suatu kawasan terkenal di daerah Kota Bandung. Saya bersama Adik jogging sebentar, berjalan lebih banyak, menyaksikan pertunjukan sesekali, dan tentu saja foto-foto. Nampaknya mulai banyak daerah yang memberlakukan kebijakan ini selain Jakarta, yang saya juga sudah mengikutinya beberapa kali di seputaran Thamrin – Sudirman. Menurut Adik, kebijakan ini juga diberlakukan di Kota Cimahi, yang sebenarnya lebih dekat dari rumah, hanya karena eksotisme Bandung lebih menggoda, maka untuk awal kami coba yang di Bandung terlebih dahulu. Saat sedang berada di Palangka Raya (Kalimantan Tengah) katanya kebijakan ini juga dilakukan di seputaran tugu khatulistiwa. Tapi saya belum sempat merasakannya karena waktu itu kondisi tubuh tidak mengizinkan.

Di manapun nampaknya hari bebas kendaraan bermotor dimanfaatkan masyarakat baik sendiri, berpasangan, beramai-ramai dengan teman atau keluarga, untuk berolahraga, jogging, sekedar berjalan, ikut senam dengan pemandu gratis, kumpul komunitas mulai dari sepeda piksi, sepeda lipet, sepeda ontel, sepeda BMX, sepeda biasa, skateboard, pertunjukan seniman-seniman, ajang promosi produk perusahaan, berdagang, sampai fotografer-fotografer tumpah ruah di jalan.

Di saat itulah jalan benar-benar menjadi milik publik, bisa dinikmati. Tidak sekedar dilalu-lalangi seperti hari-hari biasanya dengan kendaraan yang mengepulkan asap dan polusi ke udara, kemudian dihirup sebagai racun ke dada manusia. Ruang publik yang biasanya dikuasai oleh mereka yang memiliki kendaraan bermotor, menjadi hak bagi siapapun, asalkan mau meninggalkan kendaraannya.

Maka setelah pulang dari jalan pagi itu, dan setelah menyempatkan membelipeuyeum, kupat tahu khas Padalarang, dan satu eksemplar Kompas yang juga membahas tentang trotoar sebagai hak pejalan kaki, maka saya pulang, selain mengupload foto-foto, saya mencari ide untuk menulis tentang ini, dan saya ingat bahwa saya sudah menganalisis tentang ini di tahun 2008 dan menjadikannya sebagai tugas sebuah matakuliah. Kalau mau baca-baca, geser aja dikit ke blog yang satu ini: http://gagalselalu.wordpress.com/2010/12/19/tentang-car-free-day-1/ dan http://gagalselalu.wordpress.com/2010/12/20/tentang-car-free-day-2/