Foto Langit Tahun Baru

by Fadhli

Hari ini saya coba mengutak-atik kamera baru milik adik. Menurut pengakuannya, kamera itu dibeli dengan harga hampir senilai sebulan gaji saya waktu masih bekerja di sebuah LSM. Dia beli setelah menjual kamera lamanya seharga setengah dari harga kamera yang baru ini.

Saya coba memotret dan meminta beberapa penjelasan tentang cara-cara membuat latar menjadi blur, memfoto di tempat gelap, dan beberapa hal lain. Itu dilakukan karena beberapa hari ke depan saya akan pinjam kameranya dalam tugas menjadi “tukang potret” di acara sidang promosi doktor pembimbing akademik saya waktu kuliah. Saya berpikir harus mencari info lebih jelas bagaimana trik memotret di ruangan tertutup, tanpa flash, karena nanti pada saatnya sidang dikhawatirkan akan mengganggu. Saya khawatir para penguji akan walkout seperti halnya Markus Horison, dkk ketika pandangannya terganggu laser di leg pertama Final Piala AFF.

Tiba waktu malam, saya jelajahi salah satu blog yang seingat saya dulu pernah memberikan tips memotret di tempat gelap, dengan objek yang bergerak, tapi tetap bagus hasilnya. Tapi karena tidak ingat betul, saya telusuri arsipnya satu-persatu berdasarkan bulan dirilisnya tulisan. Sementara, waktu sudah menunjukkan 23.50. Dan, arrgh, tiba-tiba koneksi internet di rumah putus. Tips memotret yang saya inginkan belum didapat.

Di luar rumah, suara kembang api sudah terdengar.

Dengan meninggalkan laptop, saya ambil kamera adik saya dari lemarinya, kemudian dengan terburu-buru saya keluar dari rumah untuk mengarahkan kamera ke langit, merekam langit tahun baru 2011 yang seperti tahun-tahun sebelumnya, dihiasi kembang api. Sialnya, pas tombol aktivasi kameranya dipencet, ga bereaksi. Ah, baterainya belum ada.

Setelah kembali mengambil baterai dari kamar dan saya masukkan itu empat baterai ke kamera, maka mulai jepret sana jepret sini, dengan berbagai mode yang dipilih di kamera untuk mencari yang cocok supaya kembang api bisa terpotret dengan baik.

Dan, hasilnya:

So, what do these pictures imply??

Learn more to take any picture, Fadh… (LOL)

Jangan sampai kamu dikomplain nanti gara-gara foto Doktor jadinya cuma kelebatan-kelebatan begitu aja… Hosh!