My Artwork has been published in Asia – Pacific Mountain Courier

by Fadhli

Tenang, ga seperti judulnya, isi tulisan ini pake bahasa ibu kita aja lah. Terus apa artinya? Ya ini mau saya jelaskan, silakan dibaca…

Hanya ingin berbagi, tentang karya poster saya yang dimuat di Majalah Asia – Pacific Mountain Courier. Sebuah majalah yang diterbitkan oleh Asia – Pacific Mountain Network (APMN, Jaringan Negara Pegunungan Asia – Pasifik).

Cover Majalahnya

Berawal dari “mendadak jadi speaker” di Asia – Pacific Forum: Youth Action on Climate Change pada 24-27 Januari 2011, saya beruntung bisa berkenalan dengan 2 orang Nepal, negara yang juga menjadi bagian APMN dan 2 orang ini memiliki koneksi ke majalah yang dimaksud dalam tulisan ini, namanya Jay dan Pragati.

Selesai rangkaian acara itu, mereka menyatakan akan mengajukan poster saya untuk dimuat di majalah dimaksud. Setelah melalui beberapa korespondensi via email, pada akhirnya poster saya  dimuat dalam edisi “Special issue on youth action for climate change through art” edisi Juni 2011. Pemuatan ini bersifat voluntary alias sukarela, ga dibayar, sebagai bentuk kontribusi aksi pemuda terhadap lingkungan dunia, ~tsaah…

Poster yang dimuat...

Ada rasa cukup bangga bisa dimuat seperti itu, tapi selebihnya perasaan ini yang muncul:
1. Poster saya tentang krisis air ini emang dimuat, tapi aksi konkrit yang saya laksanakan masih sedikit sebenarnya
2. Saya harus lebih belajar, membaca, dan menulis dalam Bahasa Inggris, karena kayaknya keterangan di poster itu belum terlalu asyik gimana gitu… kalo ga mau dibilang amburadul… hehe
3.  Walaupun demikian, kita ga boleh minder. Ini pelajaran penting buat saya (dari mulai acara di forum sampai majalah ini). Salah2 dikit ga mengapa lah, malu dikit biasa, namanya juga manusia. Yang penting berusaha.
4. Yang terpenting lagi, karya ini bukan murni karena kemampuan saya semata, bahkan mungkin peran saya di sini hanya ide, mau, dan sedikit sentuhan desain grafis. Sisanya, bantuan datang dari berbagai pihak. Kalo ga percaya, ini saya sebutkan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada:

a. Temen-temen kostan dan komunitas (Bg Ahsan, Bg Pongki, Balad, Nanang) yang di H-1 sebelum presentasi poster saya memberikan banyak masukan untuk konten visual di posternya.
b. Junior (dari sisi angkatan, tapi senior dari sisi kemampuan Bahasa Inggris dan aktivitas lingkungan) Nor Rofika Hidayah yang berkontribusi di kalimat berbahasa Inggris yang saya tulis di poster, hanya beberapa jam sebelum dicetak.
c. Bang Pongki yang meminjamkan saya tas backpack untuk bawa barang-barang saya ke sana dengan selamat.
d. Orang tua yang saya mintain biaya untuk cetak posternya, dan nganterin saya ke bandara untuk pertama kalinya ke luar negeri bersama adik
e. Bang Umar dengan petunjuk Kabo yang memfasilitasi saya untuk bayar tiket online, karena saya ga punya akun jasa layanan bang online, sehingga saya bisa membeli harga promo di jam-jam terakhir hari promosinya
f. Beberapa uploader gambar di www.sxc.hu, yang jadi andalan saya untuk cari material desain, dan mereka memberikan izin agar gambarnya digunakan sebagai elemen di poster saya
g. Tentu saja Jay (Jaya Jung Mahat) dan Pragati Sahi yang mempromosikan agar poster saya dimuat
h. semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu di sini…

Jadi, pencapaian ini, bener-bener merupakan kontribusi dari banyak orang. Terima kasih banyak kawan… Saya ga bisa balas dengan materi, insya Allah doa saya buat kalian agar kesuksesan selalu menyertai…