Nunchaku, Apaan Tuh?

by Fadhli

Nah, jawaban teoritis untuk judul di atas mungkin hanya akan anda dapat secara selintas di blog ini. Ingat, blog ini konsisten mengusung tulisan yang hanya selintas saja. Hehehe.

Beberapa pekan lalu ketika kembali ke rumah orang tua, saya menemukan satu barang yang sudah lama banget ga saya sentuh. Sudah berdebu karena sudah ditinggal lebih dari 10 tahun lalu. Dan itu adalah nunchaku.

Kalau teman-teman tahu senjata yang sering digunakan Bruce Lee, itulah yang dinamakan nunchaku. Saya dulu mengenal dan menyebutnya dengan double stick. Namun ternyata, agak berbeda kalau dicari kedua istilah itu di Youtube. Nunchaku itu persis seperti yang digunakan Bruce Lee, dua tongkat pendek yang terhubung dengan beberapa mata rantai, kalau double stick ternyata memang dua (double) tongkat pendek (stick) yang tidak terhubung dengan rantai. Nah, kalau cheese stick itu enaknya dimakan.. =)

My Nunchaku

Maka setelah menemukannya, saya coba memainkannya kembali. Walaupun masih agak canggung, tapi lumayan sih masih inget. Yang saya bisa dari dulu memang hanya gerakan dasar, seperti memukul ke depan, memutar, memutar silang (seperti angka 8), dan gerakan yang saya ketahui belakangan ini saja namanya wrist roll. 

Dan setelah itu saya jadi tergerak melihat Youtube tentang para pemain nunchaku dan tutorialnya. Kalau ketik “freestyle nunchaku”, maka akan ditemukan penampilan yang OK-OK banget. Entah diedit atau tidak itu video, tapi terlihat tanpa putus koq nunchaku itu berputar dan mengalir dengan smooth di tangan para pemainnya.

Setelah itu, saya ikut coba-coba, dan brakkkk selalu jatuh berkali-kali. Gerakan masih sangat kaku, dan belum lancar sama sekali.

OK nunchaku, mumpung saya lagi mood maka saya coba mainkan kamu. Tapi janganlah kamu mempermainkan saya, karena ternyata susah juga ya.. Dan, bukan hanya cocok untuk air pepatah yang mengatakan let it flow, tapi juga untuk nunchaku. Tapi, mungkin yang sebenarnya let nunchaku flow like water.. Whatever lah..

Untuk latihan dasar, bisa liat-liat video di web ini: http://nunchakututorials.com/