Fatin, Ayu Videlia, dan Najwa Latif

by Fadhli

Kalau di Indonesia ada Fatin Sidqia Lubis pemenang X-Factor Indonesia, atau Ayu Videlia yang sempat menjadi perhatian di laman Youtube, beberapa hari lalu saya dikirimi video juga tentang Najwa Latif. Sebelum saya sertakan link dari top hits-nya Najwa, berikut sekilas perbandingan tentang mereka.

Ketiganya mungkin menjadi perhatian karena persamaan tampilannya yang berjilbab dan membedakan mereka dari penyanyi muda yang sering tampil ke muka umum, tetapi publik mengakui bahwa kualitasnya tidak kalah, walaupun secara usia masih dalam usia sekolah tinggi. 

Bedanya, Ayu Videlia dan Fatin Sidqia Lubis berasal dari Indonesia, tepatnya (keturunan) Sumatera Utara, sama seperti saya (kalau yang hebat-hebat ikutan ngaku orang sono :p), sedangkan Najwa yang bernama lengkap Imratul Najwa Binti Abdul Latif berasal dari Malaysia.

Perbedaan yang lainnya, Ayu Videlia dan Najwa Latif piawai dan selalu bersama gitarnya, sementara Fatin tidak. Ayu Videlia dan Najwa Latif memulai dengan mengunggah video-video amatirnya ke laman Youtube, sementara Fatin berhasil menjadi pemenang kompetisi penyanyi yang nampaknya paling menarik perhatian pemirsa televisi Indonesia di tahun ini.

Ayu Videlia dan Najwa Latif juga sudah memulai menciptakan lagu mereka sendiri. Ayu misalnya dengan I Can’t be With You, dan Najwa Latif dengan Cinta Muka Buku (“muka buku” itu bener ya facebook yang diterjemahkan begitu saja, hehe). Sementara Fatin, sampai saya menulis ini belum tahu apakah sudah ada lagu yang diciptakannya sendiri.

Video Fatin nampaknya paling berhasil menarik perhatian pengguna internet melalui laman Youtube, salah satu videonya ditonton hingga lebih dari tiga juta orang dalam kurun empat bulan setelah diunggah. Najwa Latif ditonton dua koma sembilan juta orang dalam kurun enam bulan setelah diunggah, sementara Ayu Videlia karena mungkin belum menemukan “panggung” di televisi atau label musik tertentu, video tertingginya ditonton hampir dua ratus ribu orang dalam kurun dua tahun setelah diunggah.

***

Video Klip Sahabat – Najwa Latif ft. Sleeq dan Kamarulsyam

Kau ada di kala ku suka
Di kala ku duka
Setiap tangisan dan juga ketawa
Kau ada di kala ku perlu
Setia menemaniku
Pegang erat tanganku bila aku jatuh

Kaulah yang selalu
Selalu menemaniku
Mendengar kisah pahit manis
Hidupku

Kaulah yang di situ
Setia menungguku
Kaulah yang satu
Menjadi sahabatku

Kau ada di kala ku jatuh
Di setiap bangunku
Terus menemaniku tanpa rasa jemu
Kau ada di setiap tawa
Di kala bahagia
Kau menjadi sahabatku selamanya
Kaulah yang selalu
Selalu menemaniku
Mendengar kisah pahit manis hidupku
Kaulah yang di situ
Setia menungguku
Kaulah yang satu
Menjadi sahabatku

Sahabatku
Tetap bersamamu jika kau perlukan ku
Dan ku tak kaku tak kekok
Kalau sampai buntu kita belok yok
Berjangkit sesama seperti mengusik si melatah
Kau kau jangan kau melampau
Dan kalau siapa mengusik Najwa tolong bagitahu
Aku tapau