Slap-Slip di Launching Persib 2014

by Fadhli

Rabu, 29 Januari 2014. Sore sepulang kelas, saya menuju Pendopo Rumah Dinas Walikota Bandung. Berdasarkan info yang beredar di media sosial Twitter, saya tahu bahwa akan ada peluncuran dan pengenalan personel tim Persib untuk Liga Super Indonesia musim 2014 – 2015.

Berbekal sepucuk kamera (milik kawan) yang sudah saya keluarkan sebelum memasuki area, saya bersiap mengambil video. Biasa, untuk bahan jurnalisme warga. Eh, pas masuk ke area tengah pendopo, tempat paling strategis untuk rekam gambar, udah dipenuhi wartawan (ber-ID) lain.

Lirik kanan-kiri, ada area kosong di sisi kanan ruangan, pengamanan juga terlihat ga terlalu ketat. Akhirnya saya permisi melewati sela bangku pengunjung lain. Dan, yeaay, dapat tempat kosong, walaupun emang gambar dalam beberapa bagian akan terhalang tiang. Tapi tidak mengapa, daripada gambar bocor dengan kepala-kepala dan kamera-kamera orang lain jika mengambil dari posisi tengah. Eh, ada satu yang ngikutin saya juga untuk foto-foto dari tempat ini, dan beberapa kali gambar saya bocor karena kepala dia nyelak rekaman saya. Heuuumfh… Tapi ga apa-apa lah. Indahnya saling berbagi #halah

Acara pun berlangsung hingga sesi pemotretan tim dan ofisial. Woh, kamera (kawan) saya ini bagus (apalagi pinjem haratis, baca: gratis, hhe), tapi ya jangan bandingkan dengan kamera video wartawan yang harganya puluhan juta dong yang bisa zoom in gambar tetep ga pecah. Harus ada strategi yang diluncurkan untuk ambil gambar lebih dekat. Akhirnya dengan agak nekat saya juga maju aja melintasi kursi VIP udah mau dekat panggung, eh, pada akhirnya luber dah tuh garis demarkasi media. hha. Saya sempat dicolek keamanan disuruh geser, ya geser deh Pak, 2 langkah kanan saja ya, Pak. Hha. Akhirnya dibiarkan.

Dan, pemain meninggalkan podium, saya langsung ngikutin aja, siapa tau dapat wawancara langsung sama pemain. Jurusnya kali ini “pura-pura bego,” ikutin aja tuh pemain. Awalnya saya sempat berhenti juga ke kerumunan wartawan yang sedang mewawancarai pelatih Djajang Nurdjaman. Tapi penuh ah, males. Hhe

Kebetulan Haryono sama Vujovic masih jalan, saya seret aja video buat ambil gambar mereka sambil ngikutin, dan tiba-tiba saya udah sampai di depan pintu penyimpanan pemain. Keamanan udah ngeliatin. Ah, tanggung, saya langsung tancap gas ke pemain asal Rusia Vladimir Vujovic, “Punteun Kang Vujovic, abdi tiasa nyandak gambar wawancara sareng Akang?” hha (artinya dalam Bahasa Inggris, “Excuse me, may I have interview with you?” Croot, dapet wawancara.

Abis itu, eh pemaen yang sering dielu-elukan bobotoh keluar dari ruangan: Atep (bacanya pake e sate ya, bukan e pepet). “Kang, punteun kang boleh wawancara?” Keamanan udah ada yang nyolek lagi, beruntung Atep udah mengiyakan, dan langsung geser posisi kami dari keamanan yang colak-colek tadi. Croot, wawancara lagi.

Pas saya selesai wawancara, keamanan langsung suruh saya menjauh dari ruangan pemain. Di dekat situ, wartawan lain baru beres wawancara pelatih, dan kayaknya abis itu keamanan ga mengizinkan lagi ada yang mendekat ruang pemain. Saya melenggang aja keluarHha. Lumayan dapet wawancara ekslusip sama dua pemaen. Walaupun liputannya belom tentu tayang, udah ketemu dari dekat dengan Vujovic sama Atep.

Sukses terus, Sib. Semoga musim ini juara!

Image