Kamera Anyar

by Fadhli

canon1canon2canon4canon3

Itu adalah tampilan kamera saku Canon Powershot A2500 yang saya baru beli (uhuk, uhuk). Kalau harga batas atas saya cari di internet itu bisa sampai 1,1juta. Tetapi berhubung saya tidak bosan mencari yang lebih murah (maklum, mahasiswa :D) dapatlah seharga 850ribu-an (belum ongkir) di salah satu forum lapak online. Asli, baru, bergaransi, lengkap dengan box, dikirim dengan asuransi dan packing yang safe and secure.

Untuk review lengkap, silakan cari di forum pratinjau kamera ini yang bertebaran di internet. Saya cuma mau bilang bahwa saya tertarik membeli ini untuk rekaman videonya. Canon, baik yang saku, prosummer, sampai yang DSLR menurut saya punya kemampuan yang bagus untuk rekaman video. Merekam adalah “mainan” saya untuk nyambi jadi jurnalis warga sekarang.

Hasilnya videonya adalah HD 720p (hi-definition 1280×720 pixel). Walaupun standar HD di televisi yang menayangkan laporan biasanya mungkin 1280p, tetapi 720p masih diperkenankan koq asal jelas dan ga demekNah, saya beli ini juga setelah liat video test-nya di youtube yang ternyata bisa dikatrol resolusinya saat render menjadi 1080p dengan hasil yang tetap baik.

(+): slim, ringan, hemat baterai, yang jual baterai (baik orisinil maupun KW-ya) juga bertebaran, 16 megapixels maksimum untuk foto, dan yang paling saya suka: tetep narik di pencahayaan minimum.

(-): karena tipis dan ringan jadi ambil gambar bisa terlihat shaky kalau ga pintar-pintar menstabilkan atau pake trik nge-rail atau panning; tidak ada mode apapun, jadi serba otomatis dan jadinya suka berubah-ubah konsistensi warna atau exposure-nya tanpa bisa mengatur fitur seperti ISO, white balance, apalagi apperture dan shutter speed (dikira SLR kali, hhe)

Namun sampai saat ini saya cukup puas dengan hasilnya lah, dibandingkan handycam yang selama ini saya pegang, atau kamera saku merk lain yang pernah digunakan untuk merekam video. Contoh videonya nanti saja ya, karena kemarin lagi bikin liputan, kalau berhasil tayang nanti di-share deh link yutubnya di sini (padahal untuk hemat kuota modem, hhe). Berikut beberapa hasil gambar kameranya tanpa editing dengan setting 16 megapixel.

Kondisi cerah

edit5

edit4

edit6

Kondisi agak mendung, sehabis hujan

edit3

edit2

edit1