Dosen

by Fadhli

Sejauh ini ada dua pengajar yang cukup eksentrik bagi saya. Satu, masih cukup muda, tapi kayaknya pengetahuannya luas dan banyak lahap sekalipun buku-buku berat. Di kelas tadi dia bilang, “Saya sudah coba berikan kepada anda bahan bacaan yang cukup penting untuk bahasan ini, walaupun cukup sulit menemukan referensi dengan bahasa ringan untuk topik ini. Tetapi jika anda mau lebih banyak, saya bisa berikan segunung bacaan lainnya… Untuk satu bacaan semacam Escobar ini, lebih baik baca dengan sangat pelan dan kondisi rileks… Saya membacanya di akhir pekan, so that my wife and my son hate me!”

Eksentriknya juga karena kebiasannya memegang gelas saat mengajar, entah kopi atau teh saya tidak tahu isinya. Tapi entah diseruput atau tidak selama ngajar, belum sempat saya perhatikan juga, karena di saat yang sama dia berbicara terus. Kalau di workshop jurusan sedang mendengarkan presentasi mahasiswa-mahasiswa kemarin sore macam kami, dia duduk-duduk di lantai, kadang selonjor, kadang bersila, kadang mendekap dua kakinya yang dilipat ke arah dada. Mungkin pikirnya, “Apa sih yang diomongin mereka ini?” wkwkwk. Kalau mencatat di papan tulis, dia suka mengeluhkan sendiri tulisannya yang jelek, sambil bilang, “Dulu waktu jadi mahasiswa saya ini jarang mencatat, just looked and listened to my professor, so he looked at me like I am a lazy people sitting in his class” sambil cengengesan dan saya ikut tertawa. Mirip-mirip lah Bos kita dalam hal ini, catatan kadang hanya hiasan biar kelihatan kayak mahasiswa🙂

Satu dosen lagi adalah profesor emeritus (yang sudah pensiun) tapi cukup terkenal di kalangan mahasiswa dan sebagian akademisi Indonesia, bahkan dia lancar berbahasa Indonesia. Sudah cukup berusia. Walaupun cara mengajarnya biasa-biasa saja, tapi bahan kuliahnya termasuk yang menarik dan cukup mudah dipahami (buat saya). Penguasaannya akan studi populasi, termasuk anak dan pemuda, membuat kuliahnya yang baru saya ikuti dua kali menjadi menarik. Bahkan terpikir topik-topik yang diajarkannya jadi salah satu pilihan topik research paper nanti.