Sebelum Liburan

by Fadhli

Tiga hari terakhir sebelum liburan:
Kelas presentasi jurusan dari jam 11 sampai 15, sebelumnya juga persiapan kelompok dari jam9.

Dua hari terakhir sebelum liburan:
Tenggat waktu pengumpulan hasil refleksi dari presentasi kemarin (1 halaman), dan rancangan makalah individual (2 halaman) untuk dikembangkan (pas liburan, catat! pas liburan) menjadi 3000 kata. Konon rancangan awal ini dikumpul jam 11 siang, dan saya udah buru-buru supaya tepat waktu. Et daah, yang lain ngumpulinnya pada malem. Gimana ceritanya nih, padahal info terakhir adalah 24 jam sebelum kelas besok, dan kelas besok adalah jam11 siang. Gimana coba? ya excuse dikit berarti kalau hasilnya agak kurang detail dibanding yang lain.

Hari terakhir sebelum liburan:
Peer review untuk penugasan makalah individual jurusan. Setiap orang seenggaknya mesti tahu rancangan makalah orang lain dan diminta memberikan pendapat. Berarti 18 rancangan makalah dikali 2 halaman yang mesti di-skimming.
Tunggu… skimming? Gimana mau kasih komentar kalau cuma skimming. Tunggu… liat rancangan yang jadi tanggung jawab utama untuk dikomen, woow! dari anak lulusan Amrik yang cas cis cus kalau di kelas dan jadi representatif kelas. Membacanya saja bikin dahi berkerut.

Dan, malah nulis ginian 13,5 jam sebelum waktunya tiba.