Susur Gua (Caving) Buni Ayu: Mantap!

Kali ini saya akan menulis selintas perjalanan kami ke Gua Buni Ayu. Sebuah gua berjenis karst di daerah Nyalindung, Sukabumi. Masih sekitar 40 km lebih dari perkotaan Sukabuminya menuju arah Sagaranten.

Awalnya saya tertarik karena melihat foto di akun facebook milik teman anggota Mapala yang sedang diturunkan melalui sebuah lubang dengan peralatan tetalian (kalau tidak salah namanya single rope technique). Uniknya pula, dia menggunakan pakaian semacam pekerja tambang.

Setelah mencari informasi dan bertanya padanya, barulah saya tahu itu adalah aktivitas vertical caving, atau menyusur gua yang mulutnya bersifat vertikal, tidak seperti mulut gua yang menganga dan bisa langsung dimasuki. Dalam istilah pengelola wisata di sana, aktivitas ini disebut minat wisata khusus.

Berbekal nomor kontak pengelola aktivitas caving yang diberikan teman tadi, saya mengatur rencana perjalanan dan memesan tempat. Ada 15 orang yang bergabung, termasuk saya.  Read the rest of this entry »