Gombal Gunung

by Fadhli

Kemarin baru saja mendaki Gunung Manglayang (1800+ mdpl) di Kabupaten Sumedang. Miris karena sampah masih bertebaran di mana-mana, vandalisme ada di pohon dan batu, padahal menurut info dari adik saya, salah satu komunitas di Bandung baru saja melaksanakan aksi bersih-bersih di sana.

Kebetulan sepulang mendaki itu, malam harinya ada #GombalGunung yang diinisiasi oleh akun @infogunung. Saya ikutanlah dengan sedikit-sedikit memasukkan pesan-pesan menjaga gunung. Seperti berikut:

1. Puncak gunung sdh banyak yg didaki, sowan ke rumah calon mertua aja yg blm berani. eaaa. #gombalGunung

2. Pecinta alam ga ninggalin sampah di gunung, sprt mjg hatinya (maksud saya: “hati dia”) dari benci kpd kita. eaaa #gombalGunung

3. Pendaki ga menggores-gores pohon &batu, sprt mjg hatinya (maksud saya: “hati dia”) dari goresan luka. eaaa #gombalGunung

4. tiap pndaki cowo hebat, tdk trdpt wanita hebat di blkgny. ia mndampingi di hatiny,brsmnya, BUKAN di blakangny #gombalGunung

Kemudian dapat respon, bahwa ini adalah “pesan” terselubung, katakanlah #kode. hehehe. Saya balas saja, “biar pesannya dibawa angin gunung, trselubung di balik kabut yg menuruni lereng, di bwh langit yg mndung #halah